Saturday, 13 February 2016

Fettucini Carbonara

                    Its weekend. Ketika rasa malas untuk keluar rumah untuk mencari sesuap nasi mendera, kala panggilan cinta bubur ayam favorite telah sekian waktu terlewat. Saatnya buka kulkas, dan berkutat dalam dapur yang selama weekdays terlupakan.

                Resep by Inge temen yang sempat berkecimpung di ranah kerja yang sama, dan diturunkan ke Dita, sahabat seperjuangan yang masih stay sekantor bersama dengan sedikit penyesuaian bahan dan effort yang ada. Voila, Simple Fettucini Carbonara.

Bahan : Fettucini, rebus hingga matang, beri sedikit minyak sayur dan garam, sisihkan
                2 Lembar smoked beef, iris memanjang
                1 siung bawang putih, geprek
                ½ siung bawang bombay, potong melintang
                1 ½  sdm tepung bumbu siap saji
                ¾ cup susu cair plain, ukuran 250 ml
                Mentega untuk menumis, garam dan lada hitam

Tumis bawang putih, bawang bombay, dan smoked beef dengan mentega hingga setengah matang, sisihkan. Cairkan mentega, beri tepung bumbu aduk rata segera agar tidak menggumpal. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, masak dengan api kecil hingga tepung tidak menggumpal. Setelah tidak menggumpal, masukkan tumisan bawang, dan lada hitam, aduk rata. Koreksi rasa, jika kurang bisa ditambahkan garam sesuai selera. Masak sambil terus diaduk hingga saus mendidih dan  agak mengental. Matikan api. Masukkan fettucini yang telah direbus sebelumnya, aduk rata. Sajikan.

(doc: pribadi)
Simple  Tips :
-        Masak saus dengan api kecil, sambil terus diaduk agak saus tidak menggumpal. Tambahkan susu cair  jika dibutuhkan.
-        Pasta dan bahan pelengkap dapat diganti sesuai ketersediaan. Pasta dapat diganti dengan jenis lain,     seperti Fusili. Smoked beef dapat di skip, dengan Crab stick atau Cornet Beef.

               “Coz diet always start tomorrow” (My lovely housemate, 13 Februari 2015)

0 comments:

Post a Comment